Velg belakang pada sepeda motor memiliki beberapa fungsi yang sangat penting untuk kinerja dan keselamatan berkendara. Berikut beberapa fungsi velg belakang pada sepeda motor:
- Menghubungkan Ban dengan Rantai atau Gearbox: Velg belakang berfungsi sebagai penghubung antara ban belakang dengan rantai atau gearbox sepeda motor. Velg belakang memiliki gigi-gigi yang sesuai dengan rantai atau gearbox, sehingga memungkinkan putaran velg belakang untuk memindahkan daya dari mesin ke ban belakang.
- Mengatur Posisi Ban: Velg belakang juga berfungsi untuk mengatur posisi ban belakang pada sepeda motor. Velg belakang memiliki lubang-lubang yang sesuai dengan lubang-lubang pada garpu belakang, sehingga memungkinkan ban belakang untuk dipasang dengan tepat dan seimbang.
- Menyerap Guncangan: Velg belakang juga dapat menyerap guncangan yang dihasilkan oleh jalan atau permukaan lain yang tidak rata. Hal ini karena velg belakang memiliki sifat fleksibel yang memungkinkan untuk menyerap getaran-getaran yang dihasilkan oleh ban belakang.
- Mengatur Kecepatan: Velg belakang juga berfungsi untuk mengatur kecepatan sepeda motor. Velg belakang memiliki ukuran yang tepat untuk masing-masing jenis sepeda motor, sehingga memungkinkan pengendara untuk mencapai kecepatan yang diinginkan dengan aman dan stabil.
- Meningkatkan Stabilitas: Velg belakang juga dapat meningkatkan stabilitas sepeda motor saat berkendara. Velg belakang yang kuat dan stabil dapat membantu untuk menjaga posisi sepeda motor tetap stabil, sehingga memungkinkan pengendara untuk mengontrol sepeda motor dengan lebih baik.
Dalam keseluruhan, velg belakang pada sepeda motor memiliki peran yang sangat penting untuk kinerja dan keselamatan berkendara. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih velg belakang yang sesuai dengan jenis sepeda motor dan kebutuhan pengendara.
Jenis-Jenis Velg Belakang Yang Digunakan
Velg belakang adalah salah satu komponen yang sangat penting pada sepeda motor, karena berfungsi sebagai tempat dipasangnya ban dan roda belakang. Velg belakang memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangan yang unik. Berikut beberapa jenis velg belakang yang umum digunakan:
- Velg Jari-Jari (Spoke Wheel): Jenis velg ini memiliki konstruksi yang sederhana dan ringan. Velg jari-jari terbuat dari logam yang tipis dan memiliki jari-jari yang fleksibel. Kelebihan velg ini adalah ringan dan lebih mudah dibawa, namun kekurangannya adalah kurang kuat dan rentan patah jika terjatuh.
- Velg Pelek (Rim Wheel): Velg pelek adalah jenis velg yang paling umum digunakan pada sepeda motor. Velg ini memiliki konstruksi yang lebih kuat dan tahan lama dibandingkan dengan velg jari-jari. Velg pelek terbuat dari logam yang lebih tebal dan memiliki profil yang lebih lebar.
- Velg Alloy (Alloy Wheel): Velg alloy adalah jenis velg yang terbuat dari campuran logam dan paduan lainnya. Velg ini memiliki kelebihan yaitu ringan, kuat, dan tahan lama. Namun, kekurangannya adalah harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan velg pelek.
- Velg Forging (Forging Wheel): Velg forging adalah jenis velg yang terbuat dari logam yang diproses dengan cara ditempa. Velg ini memiliki kelebihan yaitu kuat, tahan lama, dan memiliki bentuk yang lebih kompleks. Namun, kekurangannya adalah harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan velg pelek.
- Velg Casting (Casting Wheel): Velg casting adalah jenis velg yang terbuat dari logam yang diproses dengan cara dicor. Velg ini memiliki kelebihan yaitu kuat, tahan lama, dan memiliki bentuk yang lebih kompleks. Namun, kekurangannya adalah harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan velg pelek.
Dalam memilih jenis velg belakang, perlu dipertimbangkan beberapa faktor seperti kebutuhan, budget, dan preferensi pribadi. Pastikan untuk memilih velg yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda, serta memeriksa kualitas dan ketahanan velg sebelum melakukan pembelian.
Komponen Utama Velg Belakang
Velg belakang adalah salah satu komponen utama pada sepeda motor yang berfungsi untuk menopang roda belakang. Komponen ini memiliki peran penting dalam menjamin kestabilan dan kinerja sepeda motor saat digunakan. Pada artikel ini, kita akan membahas hanya tentang komponen utama velg belakang.
Komponen Utama Velg Belakang
Velg belakang sepeda motor terdiri dari beberapa komponen utama yang saling terkait dan berfungsi secara harmonis. Berikut adalah beberapa komponen utama velg belakang:
- Rim: Rim adalah bagian luar velg belakang yang berbentuk lingkaran dan terbuat dari logam atau plastik. Rim berfungsi sebagai tempat menempelnya ban belakang.
- Hub: Hub adalah bagian pusat velg belakang yang berfungsi sebagai tempat menempelnya roda belakang. Hub terdiri dari beberapa komponen, seperti bearing, seal, dan as.
- Bearing: Bearing adalah komponen yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antara roda belakang dan hub. Bearing terbuat dari logam atau plastik dan dirancang untuk memungkinkan roda belakang berputar secara lancar.
- Seal: Seal adalah komponen yang berfungsi untuk mencegah kebocoran minyak pelumas dari hub. Seal terbuat dari karet atau plastik dan dirancang untuk memungkinkan pergerakan roda belakang yang lancar.
- As: As adalah komponen yang berfungsi sebagai poros putar roda belakang. As terbuat dari logam dan dirancang untuk memungkinkan roda belakang berputar secara lancar.
- Sproket: Sproket adalah komponen yang berfungsi sebagai tempat menempelnya rantai atau sabuk transmisi. Sproket terbuat dari logam dan dirancang untuk memungkinkan pergerakan roda belakang yang lancar.
- Baut: Baut adalah komponen yang berfungsi untuk mengencangkan velg belakang ke frame sepeda motor. Baut terbuat dari logam dan dirancang untuk memungkinkan kestabilan velg belakang.
Dalam keseluruhan, komponen utama velg belakang sepeda motor saling terkait dan berfungsi secara harmonis untuk menjamin kestabilan dan kinerja sepeda motor saat digunakan. Oleh karena itu, perlu dilakukan perawatan dan pemeliharaan secara rutin untuk memastikan kestabilan dan kinerja velg belakang yang optimal.
Desain Dan Konstruksi Velg Belakang
Desain dan konstruksi velg belakang pada sepeda memainkan peran penting dalam menentukan kinerja dan keamanan berkendara. Berikut adalah beberapa aspek desain dan konstruksi velg belakang yang perlu dipertimbangkan:
Desain Velg Belakang
Desain velg belakang sepeda dapat dibagi menjadi beberapa jenis, termasuk:
- Velg Rim: Velg rim adalah jenis velg yang paling umum digunakan pada sepeda. Velg ini terdiri dari sebuah lingkaran logam yang kuat dan tahan lama.
- Velg Racing: Velg racing dirancang khusus untuk meningkatkan kinerja sepeda. Velg ini memiliki desain yang lebih aerodinamis dan ringan.
- Velg Enduro: Velg enduro dirancang untuk digunakan pada sepeda gunung. Velg ini memiliki desain yang lebih kuat dan tahan lama.
Konstruksi Velg Belakang
Konstruksi velg belakang sepeda melibatkan beberapa komponen, termasuk:
- Rim: Rim adalah bagian luar velg yang berbentuk lingkaran. Rim terbuat dari logam yang kuat dan tahan lama.
- Hub: Hub adalah bagian tengah velg yang berfungsi sebagai pusat rotasi. Hub terbuat dari logam yang kuat dan tahan lama.
- Spok: Spok adalah bagian yang menghubungkan rim dan hub. Spok terbuat dari logam yang kuat dan tahan lama.
- Baut: Baut digunakan untuk mengencangkan spok dan hub.
Teknologi yang Digunakan
Beberapa teknologi yang digunakan dalam desain dan konstruksi velg belakang modern, termasuk:
- Teknologi Forging: Teknologi forging digunakan untuk membuat velg yang lebih kuat dan tahan lama.
- Teknologi CNC: Teknologi CNC digunakan untuk membuat velg yang lebih presisi dan akurat.
- Teknologi 3D Printing: Teknologi 3D printing digunakan untuk membuat velg yang lebih kompleks dan desain yang lebih unik.
Keamanan dan Kinerja
Velg belakang sepeda harus memenuhi standar keamanan dan kinerja yang tinggi. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, termasuk:
- Kekuatan: Velg belakang harus memiliki kekuatan yang cukup untuk menahan beban sepeda dan pengendara.
- Kestabilan: Velg belakang harus memiliki kestabilan yang cukup untuk menahan sepeda tetap stabil saat berkendara.
- Kinerja: Velg belakang harus memiliki kinerja yang baik untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi sepeda.
Dalam kesimpulan, desain dan konstruksi velg belakang sepeda memainkan peran penting dalam menentukan kinerja dan keamanan berkendara. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti desain, konstruksi, teknologi, dan keamanan, kita dapat menciptakan velg belakang yang lebih kuat, tahan lama, dan meningkatkan kinerja sepeda.
Bahan Pembuatan Velg Belakang
Velg belakang adalah salah satu komponen penting pada sepeda motor, mobil, atau kendaraan lainnya. Bahan pembuatan velg belakang dapat bervariasi tergantung pada jenis kendaraan dan kualitas yang diinginkan. Berikut adalah beberapa bahan pembuatan velg belakang yang umum digunakan:
- Aluminium: Aluminium adalah bahan yang paling umum digunakan dalam pembuatan velg belakang. Aluminium memiliki kelebihan seperti ringan, kuat, dan tahan korosi. Velg aluminium dapat dibuat dengan metode forging, casting, atau machining. Forging adalah metode yang paling umum digunakan karena dapat menghasilkan velg yang kuat dan ringan.
- Besi: Besi adalah bahan yang lebih murah dibandingkan dengan aluminium, tetapi memiliki kekurangan seperti berat dan rentan korosi. Velg besi biasanya digunakan pada kendaraan yang lebih tua atau kendaraan dengan anggaran yang lebih rendah.
- Paduan Logam: Paduan logam seperti magnesium, tembaga, dan titanium dapat digunakan dalam pembuatan velg belakang. Paduan logam memiliki kelebihan seperti ringan, kuat, dan tahan korosi. Namun, harga paduan logam lebih mahal dibandingkan dengan aluminium dan besi.
- Karbon: Karbon adalah bahan yang ringan dan kuat, tetapi memiliki kekurangan seperti harganya yang mahal dan rapuh. Velg karbon biasanya digunakan pada kendaraan balap atau kendaraan dengan anggaran yang tinggi.
- Titanium: Titanium adalah bahan yang ringan, kuat, dan tahan korosi. Namun, harga titanium lebih mahal dibandingkan dengan aluminium dan besi. Velg titanium biasanya digunakan pada kendaraan balap atau kendaraan dengan anggaran yang tinggi.
Dalam memilih bahan pembuatan velg belakang, perlu dipertimbangkan beberapa faktor seperti:
- Kualitas: Bahan yang digunakan harus memiliki kualitas yang baik untuk memastikan keselamatan dan kinerja kendaraan.
- Harga: Bahan yang digunakan harus sesuai dengan anggaran yang tersedia.
- Berat: Bahan yang digunakan harus ringan untuk memastikan kinerja kendaraan yang baik.
- Tahan korosi: Bahan yang digunakan harus tahan korosi untuk memastikan keselamatan dan kinerja kendaraan.
Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, dapat dipilih bahan pembuatan velg belakang yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.
Sistem Pengereman Pada Velg Belakang
Sistem pengereman pada velg belakang sepeda motor atau mobil adalah komponen yang sangat penting untuk memastikan keselamatan saat berkendara. Berikut adalah penjelasan tentang sistem pengereman pada velg belakang:
Komponen Sistem Pengereman
Sistem pengereman pada velg belakang terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu:
- Cakram (Brake Disc): Cakram adalah komponen yang berputar bersama dengan velg belakang. Cakram terbuat dari bahan logam yang tahan panas dan memiliki permukaan yang rata.
- Kaliper (Brake Caliper): Kaliper adalah komponen yang menempel pada cakram dan berfungsi untuk menjepit cakram saat pengereman. Kaliper terbuat dari bahan logam yang kuat dan memiliki piston yang bergerak saat pengereman.
- Bantalan Pengereman (Brake Pad): Bantalan pengereman adalah komponen yang terbuat dari bahan sintetik atau logam yang berfungsi untuk menjepit cakram saat pengereman. Bantalan pengereman dipasang pada kaliper dan bergerak bersama dengan piston kaliper.
- Pipa Udara (Brake Hose): Pipa udara adalah komponen yang berfungsi untuk menghubungkan master silinder dengan kaliper. Pipa udara terbuat dari bahan karet atau logam yang fleksibel.
Cara Kerja Sistem Pengereman
Cara kerja sistem pengereman pada velg belakang adalah sebagai berikut:
- Saat pengendara menekan tuas rem, maka master silinder akan mengarahkan tekanan udara ke pipa udara.
- Pipa udara akan mengarahkan tekanan udara ke kaliper, sehingga piston kaliper akan bergerak.
- Piston kaliper akan mendorong bantalan pengereman untuk menjepit cakram.
- Cakram yang berputar akan menjepit bantalan pengereman, sehingga putaran velg belakang akan melambat.
- Saat putaran velg belakang melambat, maka kecepatan kendaraan juga akan melambat.
Tips Perawatan Sistem Pengereman
Berikut adalah beberapa tips perawatan sistem pengereman pada velg belakang:
- Periksa kondisi cakram secara teratur untuk memastikan bahwa cakram tidak aus atau rusak.
- Ganti bantalan pengereman secara teratur untuk memastikan bahwa bantalan pengereman masih efektif.
- Periksa kondisi pipa udara secara teratur untuk memastikan bahwa pipa udara tidak rusak atau bocor.
- Lakukan pemeriksaan sistem pengereman secara teratur untuk memastikan bahwa sistem pengereman masih berfungsi dengan baik.
Dengan memahami cara kerja sistem pengereman pada velg belakang dan melakukan perawatan yang rutin, maka pengendara dapat memastikan keselamatan saat berkendara.
Peran Velg Belakang Dalam Kinerja Motor
Velg belakang pada motor memiliki peran yang sangat penting dalam kinerja keseluruhan sepeda motor. Berikut adalah beberapa peran velg belakang yang dapat mempengaruhi kinerja motor:
- Stabilitas dan Keseimbangan: Velg belakang berfungsi sebagai pendukung utama motor dalam menjaga stabilitas dan keseimbangan saat berkendara. Velg belakang yang kuat dan kokoh dapat membantu motor tetap stabil dan terkendali, bahkan saat melalui permukaan jalan yang bergelombang atau tidak rata.
- Gaya Gesek dan Traksi: Velg belakang juga mempengaruhi gaya gesek dan traksi motor. Gaya gesek yang tinggi dapat menyebabkan motor lebih mudah mengalami slip atau selip, sedangkan gaya gesek yang rendah dapat membuat motor sulit untuk mempertahankan traksi. Velg belakang yang dirancang dengan baik dapat membantu meningkatkan traksi dan mengurangi gaya gesek.
- Kecepatan dan Efisiensi: Velg belakang juga dapat mempengaruhi kecepatan dan efisiensi motor. Velg belakang yang ringan dan kokoh dapat membantu meningkatkan kecepatan motor, sedangkan velg belakang yang berat dan besar dapat menurunkan kecepatan motor.
- Kinerja Pengereman: Velg belakang juga mempengaruhi kinerja pengereman motor. Velg belakang yang kuat dan kokoh dapat membantu meningkatkan efektivitas pengereman, sedangkan velg belakang yang lemah dapat membuat motor sulit untuk berhenti dengan cepat dan aman.
- Estetika dan Desain: Velg belakang juga mempengaruhi estetika dan desain motor. Velg belakang yang dirancang dengan baik dapat membantu meningkatkan keindahan dan kesan motor, sedangkan velg belakang yang tidak sesuai dapat membuat motor terlihat kurang menarik.
Dalam memilih velg belakang yang tepat, beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah:
- Ukuran: Pastikan ukuran velg belakang sesuai dengan ukuran motor dan jenis ban yang digunakan.
- Bahan: Pilih bahan velg belakang yang kuat dan kokoh, seperti alumunium atau baja.
- Desain: Pilih desain velg belakang yang sesuai dengan estetika dan desain motor.
- Kualitas: Pastikan kualitas velg belakang yang tinggi dan awet.
Dengan memahami peran velg belakang dan memilih velg belakang yang tepat, Anda dapat meningkatkan kinerja dan keselamatan motor Anda.
Perawatan Dan Pemeliharaan Velg Belakang: Tips Dan Trik Untuk Mencegah Kerusakan
Perawatan dan Pemeliharaan Velg Belakang: Tips dan Trik untuk Mencegah Kerusakan
Velg belakang merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor yang berfungsi sebagai penopang roda belakang. Untuk memastikan kinerja sepeda motor tetap optimal, perawatan dan pemeliharaan velg belakang sangat penting dilakukan secara rutin. Berikut beberapa tips dan trik untuk merawat dan memelihara velg belakang sepeda motor.
1. Pemeriksaan Rutin
Pastikan untuk melakukan pemeriksaan rutin pada velg belakang setiap kali Anda melakukan perawatan sepeda motor. Periksa apakah ada kerusakan atau keausan pada velg, seperti goresan, lecet, atau kerusakan lainnya. Jika Anda menemukan kerusakan, segera lakukan perbaikan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.
2. Pembersihan
Velg belakang dapat dengan mudah kotor karena terkena debu, tanah, dan kotoran lainnya. Pastikan untuk membersihkan velg belakang secara rutin dengan menggunakan sabun dan air. Gunakan sponge atau kain lembut untuk menghilangkan kotoran dan tidak merusak permukaan velg.
3. Penggunaan Minyak
Minyak dapat membantu melindungi velg belakang dari korosi dan kerusakan lainnya. Pastikan untuk mengaplikasikan minyak pada velg belakang secara rutin, terutama pada area yang rentan terhadap korosi.
4. Penyesuaian Kencang Baut
Pastikan untuk memeriksa kencang baut velg belakang secara rutin. Jika baut terlalu longgar, dapat menyebabkan velg belakang menjadi tidak stabil dan menyebabkan kerusakan lainnya. Jika baut terlalu ketat, dapat menyebabkan kerusakan pada velg belakang.
5. Penggantian Komponen
Jika Anda menemukan kerusakan pada velg belakang yang tidak dapat diperbaiki, pastikan untuk menggantinya dengan komponen yang baru. Pastikan untuk memilih komponen yang sesuai dengan jenis sepeda motor Anda dan sesuai dengan standar keamanan.
Dalam kesimpulan, perawatan dan pemeliharaan velg belakang sangat penting untuk memastikan kinerja sepeda motor tetap optimal. Dengan melakukan pemeriksaan rutin, membersihkan velg, menggunakan minyak, penyesuaian kencang baut, dan penggantian komponen jika diperlukan, Anda dapat mencegah kerusakan dan memastikan velg belakang tetap dalam kondisi baik.
Upgrade Dan Modifikasi Velg Belakang
Upgrade dan modifikasi velg belakang merupakan salah satu cara untuk meningkatkan performa dan penampilan sepeda motor. Bagi penggemar motor, velg belakang yang dimodifikasi dapat memberikan kesan yang lebih sporty dan elegan. Namun, sebelum melakukan modifikasi, perlu mempertimbangkan beberapa hal penting untuk mendapatkan hasil yang optimal.
Pilihan Bahan Velg Belakang
Pilihan bahan velg belakang yang umum digunakan adalah alumunium, stainless steel, dan titanium. Alumunium merupakan bahan yang paling populer karena ringan, kuat, dan tahan korosi. Stainless steel juga menjadi pilihan populer karena tahan korosi dan memiliki kekuatan yang lebih tinggi daripada alumunium. Titanium merupakan bahan yang paling ringan dan kuat, namun lebih mahal daripada alumunium dan stainless steel.
Desain Velg Belakang
Desain velg belakang yang umum digunakan adalah desain 6-baut, 5-baut, dan 4-baut. Desain 6-baut merupakan desain yang paling umum karena memberikan kekuatan yang lebih tinggi dan lebih stabil. Desain 5-baut dan 4-baut juga populer karena memberikan penampilan yang lebih sporty dan elegan.
Ukuran Velg Belakang
Ukuran velg belakang yang umum digunakan adalah 17 inci, 18 inci, dan 19 inci. Ukuran yang lebih besar dapat memberikan penampilan yang lebih sporty, namun perlu mempertimbangkan kinerja motor dan keselamatan berkendara.
Pertimbangan Modifikasi Velg Belakang
Sebelum melakukan modifikasi velg belakang, perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut:
- Pastikan velg belakang yang dipilih sesuai dengan tipe motor dan keselamatan berkendara.
- Pastikan bahan velg belakang yang dipilih tahan korosi dan memiliki kekuatan yang cukup.
- Pastikan desain velg belakang yang dipilih sesuai dengan penampilan yang diinginkan.
- Pastikan ukuran velg belakang yang dipilih sesuai dengan kinerja motor dan keselamatan berkendara.
Keamanan Berkendara
Modifikasi velg belakang dapat mempengaruhi keselamatan berkendara. Pastikan velg belakang yang dipilih tidak mengganggu kinerja motor dan keselamatan berkendara. Selalu gunakan peralatan keselamatan, seperti helm dan sarung tangan, saat berkendara.
Dalam keseluruhan, upgrade dan modifikasi velg belakang dapat memberikan penampilan yang lebih sporty dan elegan pada sepeda motor. Namun, perlu mempertimbangkan beberapa hal penting untuk mendapatkan hasil yang optimal dan menjaga keselamatan berkendara.
Gejala Kerusakan Pada Velg Belakang: Tanda-Tanda Yang Perlu Diperhatikan
Gejala Kerusakan pada Velg Belakang: Tanda-Tanda yang Perlu Diperhatikan
Velg belakang adalah komponen penting pada sepeda motor yang berfungsi sebagai penopang roda belakang. Kerusakan pada velg belakang dapat menyebabkan masalah yang serius, seperti hilangnya kontrol saat berkendara, kecelakaan, dan bahkan cedera serius. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan gejala-gejala kerusakan pada velg belakang agar dapat dilakukan perawatan dan perbaikan yang tepat.
Berikut adalah beberapa gejala kerusakan pada velg belakang yang perlu diperhatikan:
- Bunyi Bergetar: Bunyi bergetar yang terdengar saat kendaraan bergerak, terutama saat melintasi jalan yang tidak rata, dapat menandakan bahwa velg belakang mengalami kerusakan. Bunyi ini dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan roda belakang atau kerusakan pada bantalan roda.
- Getaran pada Kendaraan: Getaran yang terasa pada kendaraan, terutama pada stir dan sadel, dapat menandakan bahwa velg belakang mengalami kerusakan. Getaran ini dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan roda belakang atau kerusakan pada bantalan roda.
- Roda Belakang yang Tidak Rata: Jika roda belakang tidak rata, dapat menandakan bahwa velg belakang mengalami kerusakan. Hal ini dapat disebabkan oleh kerusakan pada bantalan roda atau penopang roda.
- Kerusakan pada Bantalan Roda: Kerusakan pada bantalan roda dapat menyebabkan velg belakang mengalami kerusakan. Bantalan roda yang rusak dapat menyebabkan roda belakang tidak rata dan bergetar.
- Kerusakan pada Penopang Roda: Kerusakan pada penopang roda dapat menyebabkan velg belakang mengalami kerusakan. Penopang roda yang rusak dapat menyebabkan roda belakang tidak rata dan bergetar.
- Kerusakan pada Brake: Kerusakan pada sistem pengereman dapat menyebabkan velg belakang mengalami kerusakan. Kerusakan pada brake dapat menyebabkan roda belakang tidak rata dan bergetar.
Jika Anda mengalami salah satu gejala di atas, sebaiknya Anda melakukan perawatan dan perbaikan yang tepat pada velg belakang sepeda motor Anda. Perawatan dan perbaikan yang tepat dapat membantu mencegah kerusakan yang lebih serius dan memastikan keselamatan saat berkendara.